My Worst Time & How I Stay Positive

By Salsabilla Kiranasafira - January 17, 2018

Semua orang pasti pernah ngerasain masa paling nggak enak, ngeselin, bikin sedih, nggak dipengenin, dibenci, pokoknya masa-masa yang susah dijalanin, biasanya disebut bad time atau kalo udah keterlaluan ya worst time. Aku salah satunya. Aku ngalamin masa terburuk yang pernah aku rasain sepanjang aku hidup di dunia itu pas tahun 2016 akhir-2017. Waktu itu bener bener yang nangis tiap hari, makan juga mood-mood an, yang paling parah ya kepikiran untuk doing-something-that-actually-ruined-my-body :))))

Kabar buruk itu aku tau waktu aku lagi belajar, aku lupa belajar buat apa, tapi yang jelas waktu itu aku kelas 12 dan terlalu banyak ujian yang harus dilewati. Udah banyak ujian, eh masih dikasih bonus ujian hidup:) Sebenernya aku dah mulai meraba desas desus kabar buruk itu, tapi pas tau kalo kabar buruk itu beneran fix nyata, woooooh udah kaya mau mati rasanya. Mana waktu itu lagi persiapan sbmptn juga, trus aku anak ipa 3 tahun yang mau sbm soshum tanpa bimbel. Super mau nyerah rasanya. Belajar gapernah nyantol materinya, lupa lupa terus. Sekolah juga skip mulu ke mushala buat nangis sama sholat HAHAHA:’) segitunya gue. Trus kalo beneran nggak mood ya beneran gamasuk sekolah nangis seharian di kasur wkwk. Mana bella adalah orang yang paling susah curhat sama temen, jadi ya stres sendiri ngadepin masalah segitu gedenya, untung nggak mati.

Berhari-hari nggak pernah produktif ngapa ngapain padahal sbmptn udah h-sekian puluh. Aku mikir, udah setengah jalan masa gak diterusin. Trus aku juga kaya gamau kalah sama hal-hal yang bikin aku sedih. Aku mau nunjukin kalo mimpi buruk yang jadi kenyataan itu nggak akan bikin aku nyerah gitu aja. Akhirnya aku mulai ngejar materi sbmptn lagi walaupun kadang harus berhenti di tengah jalan karena sedih atau kepikiran trus nangis lamaaaa, kalo dah agak tenang biasanya liat ig studyblr (trust me, it works wkwkwk) trus bikin kopi atau minuman apa gitu trus mulai belajar lagi. Kalo sedih lagi yaaaaa nangis lagi wkwk. Hal itu bikin aku pengen jadi psikolog HAHAHA biar aku bisa bantu orang lain yang ngerasain kaya aku. Tapi aku mikir lagi, kalo alasanku jadi psikolog adalah si mimpi buruk itu, berarti selamanya aku bakal dihantui sama mimpi itu HUHL Trus aku drop lagi dong semangatnya wkwkwk. Sampe akhirnya cari motivasi baru yang bikin bisa semangat lagi. Waktu itu aku lagi tertarik sama hal-hal berbau politik dan sejarah. Trus demen liat website kementrian dalam negeri, suka juga baca berita tentang keadaan dalam negeri, trus nemu ‘fakta’ kalo beberapa simbah pernah terjun ke politik. Akhirnya punya motivasi untuk ngasih sesuatu ke Indonesia, cheesy bgt nggak sih? Hehe maaf ya. Trus aku mulai tertarik sama politik, sama Fisipol. Trus nemulah jurusan Ilmu Pemerintahan (yang ternyata Politik dan Pemerintahan, bukan pemerintahan doang). Nemu jurusan itu tuh kaya ketemu jodoh, soalnya apa yang aku pengen pelajari ada disitu semua. Akhirnya ngejar itu tapi tetep pengennya dapet Ilmu Politik/Pemerintahan di Surabaya (UNAIR) atau Malang (UB) soalnya males di Jogja, bikin sedih ngehehehe. Tapi ya tetep aja sih pilihan pertama UGM.

Akhirnya aku bisa produktif lagi, tapi beda sama sebelum dapet kabar buruk. Waktu itu aku seringnya belajar di luar rumah, di cafe atau resto yang bikin dompet tipis, atau kalo lagi bokek ya ke pusda deket sekolah. Kerjaanku tiap hari ya sekolah trus pulangnya belajar sampe jam 9 atau 10 malem baru pulang. Btw, aku ke tempat-tempat itu sendiri, hehe. Tapi nggak jarang aku ngerasa sedih lagi, kepikiran lagi, ya aku cuma bisa nangis sih biasanya trus berhenti belajar, trus kalo dah sedih banget ya pulang trus tidur. Tidur tuh beneran bisa menentramkan hati HAHAHAHA.

Sampe akhirnya sbmptn, trus nunggu hasil, pesimis sih soalnya ngerasa yang lain pasti lebih siap daripada aku, apalagi persiapanku isinya kebanyakan nangis doang!:)))))) Tapi pas pengumuman.........ga percaya. Nangisku membuahkan hasil!! Sedihku yang aku lawan sekuat tenaga akhirnya bikin aku bahagiaaaJ Beneran ngerasa semua pasti ada balesannya gitu:’’’)

"Be Patient.
Sometimes you have to go through the worst to get to the best. Give time some time."

Pokoknya buat semua yang lagi ada di masa sulit, percaya aja kalian bakal nemu bahagia yang gak pernah kalian bayangin sebelumnya. Sabar, berdoa, lawan, cari jalan keluar, jangan diem aja. Pokoknya harus punya mindset segala masalah pasti ada jalan keluarnya. Pokoknya kalo punya masalah, jadi proton ajalah. Walaupun dikelilingin sama elektron yang negatif, proton tetep positif!!!!! Mantan anak ipa masih inget nih kimia WKWK. Semangat qalian cmua, bella luv you :3

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar