#FriendlyReminder : Grateful

By Salsabilla Kiranasafira - March 10, 2019


Namanya hidup, pasti ada seneng sama sedihnya. Iya, selalu ada keduanya. Nggak mungkin cuma ngerasa seneng atau sedih doang. Dan hal itu nggak bisa kita atur. Malah, seneng sama sedih kadang dateng nggak pake permisi. Yang akhirnya bikin kita nggak siap. Termasuk nggak siap untuk melepas perasaan yang datang tanpa permisi itu, ketika tiba-tiba pergi begitu saja.

Sadar nggak sih, ke-enggak-siap-an itu yang jadi alasan kenapa kehadiran orang lain disekitar kita itu penting. Ketika kita nggak siap menghadapi apa yang tiba-tiba terjadi. Satu cara paling sederhana yang bisa dilakukan, ya berbagi. Berbagi kebahagiaan, kesedihan, ketakutan, semuanya.

Belakangan ini banyak hal tak terduga tiba-tiba datang. Ya otomatis aku enggak siap menghadapi itu semua. Tapi hidup emang nggak pernah berhenti ngajarin kita hal baru. Ditengah ke-enggak-siap-an itu aku jadi sadar, ternyata banyak hal yang terlewatkan untuk aku syukuri. Mulai dari orang yang ada dan bersedia untuk direpotkan sampai kekreatifan mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Setiap selesai 'bertarung' dengan kenyataan yang datangnya tiba-tiba, aku selalu berusaha mengapresiasi diriku sendiri. Hal yang sebelumnya sulit untuk aku lakukan. Sebenernya, kadang aku masih ngerasa sulit untuk mengapresiasi diriku sendiri. Tapi ternyata banyak orang yang mendorongku untuk melakukannya. Dan lagi lagi, aku bersyukur karena itu.

Bukan sekali aku ngerasa kayagini. Mungkin ini udah kesekian kalinya. Dan akhirnya bikin aku sadar, bahwa hidup selalu ngasih kita pelajaran di setiap keadaan. Tapi nggak segampang itu buat ngerti "apa sih yang diajarin sama hidup". Buat dapet pelajaran di sekolah, ikut mata kuliah di kampus aja harus bayar spp atau ukt dulu. Karna memenuhi kewajiban dulu, baru dapet hak. Konsepnya sama kok sebenenya. Kalo mau ngerti sama "apa yang diajarin sama hidup", ya kita harus 'bayar' dulu. Bayarnya pake apa? Pake bersyukur.

Kalo kamu nggak bersyukur sama setiap perasaan, setiap keadaan yang terjadi di hidup, ya gimana kamu bisa dapet pelajaran dari situ?

Buat kamu yang ngerasa lagi ada masalah atau mengalami kesulitan, nggak usah takut buat ngehadepin. Kamu bakal punya pengalaman, yang mungkin ga dimiliki sama semua orang. Dan nantinya kamu bakal ngerasa ada sesuatu yang berharga. Tapi inget, syaratnya ya bersyukur. Kalo gabisa? Coba zoom out, cari hal yang terlewatkan untuk kamu syukuri. Jangan lupa juga kalo kamu bisa kok berbagi ke orang yang kamu mau. 

Jadi gimana, udah bersyukur hari ini?

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar