Teater10 & Taman Budaya Yogyakarta

By Salsabilla Kiranasafira - December 18, 2016

Udah masuk ke tahun terakhir di SMA aja, kayanya baru kemarin ngerasain 5 hari 'penyiksaan' wkwk. Bella di SMA ya nggak jauh lah dari Teater. Dari awal ikut teater sebenernya pengen ngembangin di bidang musik, bukan produksi, apalagi main. Waktu kemah seni sempet sih disuruh acting sama pelatihnya trus dibilangin "Dek, kok kamu nggak main aja sih?". Ya tapi emang dari awal niatnya di musik, trus gamau jadi orang lain:p

Selama jadi pemusik di Tea10, dapet banyak banget sih. Jadi bisa main gamelan, tau apa itu lancaran, mainin kenong pas ketukan dimana, yang paling berkesan sih waktu bikin musik pake alat band trus ngekolaborasiin sama gamelan. Termantap pokoknya. Selama di pemusik juga jadi tau kalo gamelan itu blablabla, jadi ngerti main gamelan nggak semudah yang dibayangin apalagi kendang, sampe bengkak dulu tangannya:)) Dulu jaman kelas 10 sama 11, saking seringnya keluar masuk sanggar, sampe punya 'rasa' sendiri sama tuh ruangan:)) Dipake sama 'yang lain' jadi sedihh. Yang awalnya pegang kunci trus kalo ada apa apa ngungsinya ke sanggar, tiba tiba.........yah gitu lah:))

Kalo pas mau pagelaran, rasanya pengen keluar sesegera mungkin:)) Tiap minggu latian, gapernah liburan, keluarga liburan kemana, aku gaikut:') Waktu jaman latian masih di sekolah, gotong gotong gamelan ke aula, ujan ujan trus ngusahain biar gamelannya nggak kehujanan. Abis itu jadi sering dipanggil wakasek atau guru dituduh macem macem, sampe emosi trus kesel trus nangis YA ALLAH:))))) 

Semenjak jadi koordinator, aku jadi deket sama pelatihnya. Entah kenapa, rasanya beda. Nggak kaya sebelum aku jadi koordinator. Kaya punya bapak baru. Yang sukanya ngejekin, khawatir, nyemangatin juga. Nggak pas ketemu, nggak lewat sms. Beneran kaya punya bapak baru:')

Pagelaran Tunggal di TBY. Iya, Taman Budaya Yogyakarta. Entah kenapa nggak bisa buat nggak flashback kalo liat atau lewat tby. Bukan ke flashback gimana pagelarannya, tapi gimana buat dapetin tby itu, gimana buat mertahanin tby dan concert hall. Ya keinget jaman mau booking buat gladi kotor trus ke ruangan bapak bapak yang lagi ngobrol trus jadi ikutan ngobrol:))), trus jaman mau latian di ampi rebutan sama yang lain, trus mau latian eh ada sekolah lain:)), pas h-1 tiba tiba handis dateng masuk concert hall padahal lagi gr-_-. Sampe pas hari h, insiden depan tangga concert hall, rada nggak percaya sih sama aku pas di depan tangga itu:))

Sampe detik ini, aku masih belum bisa berhenti berterimakasih sama Teater10 & TBY. Dua 'tempat' itu udah berhasil ngerubah aku, ngerubah sikapku, ngerubah cara pandangku, termasuk ngerubah perasaanku, ea. Sebagai yang ngurus intern, jalannya pagelaran udah pasti jadi fokus utamaku. Ya yang namanya seneng, kecewa, sedih, takut, kesel, udah lah, udah biasa dirasain, mungkin juga bukan cuma aku yang ngerasain saat itu. Tapi as their 'mom', aku harus bisa bikin mereka buat nggak jatuh, aku harus bisa ada dan act like everything is fine ketika sebenernya aku udah putus asa. Wah, disitu gejolaknya muantappp, ngontrol emosi dan lain lain beneran deh bzzzz. Dari situ aku belajar buat ngontrol diri sendiri dan berusaha buat bisa ngontrol orang lain. Ya walaupun akibatnya beratku turun 3 kg, but it's ok, gapapa kok:'). Aku juga selama ini kebiasaan untuk ngalah (dan kalah:3), tapi di tby kemarin aku berhasil tegas buat mertahanin apa yang memang seharusnya sudah jadi hak ku. Walaupun abis itu jadi emosi-_-

Intinya, aku dapet banyak hal, banyak pelajaran dari Teater10 & TBY. Termasuk bisa terjebak dalam segitiga bermuda. Kenapa segitiga bermuda? Karena ada tiga, karena nggak ada yang mau sukarela masuk ke dalamnya, dan karena kalo dah masuk nggak bisa keluar:)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar