#CeritaKampus : KKN online

By Salsabilla Kiranasafira - September 21, 2020

KKN itu kegiatan wajib yang harus diikuti di kampusku, kegiatannya adalah pengabdian masyarakat selama 51 hari. Di bulan Juli 2019, aku udah mulai kepikiran KKN dan karena jurusanku masuk dalam kluster Sosial Humaniora yang mana agak nggak dicari sama tim-tim KKN, jadilah aku berniat ngebentuk tim sendiri.

Jadi di kampusku itu biasanya pada bikin tim untuk KKN di satu daerah. Nanti tim tersebut bikin proposal dll untuk diajukan ke kampus dan akan ada battle bagi daerah yang peminatnya lebih dari satu tim. Tim tersebut disebut tim pengusul dan jumlahnya maksimal 8 orang (tapi 8 orang ini formalitas yang masuk proposal aja sih).

Aku termasuk orang yang overthinking dengan KKN ini. Kira-kira nanti bakal KKN dimana, temennya siapa aja, kira kira bakal nyambung atau enggak, dll. Akhirnya aku coba ngobrol sama beberapa temenku dan akhirnya kita sepakat buat bikin tim untuk mengusulkan KKN ke Bali atau Jawa Barat.

Singkat cerita, tim pengusul udah terbentuk dan udah ada beberapa anggota juga. Timku ini mengusulkan untuk KKN di Desa Binyan, Kecamatan Kintamani, Provinsi Bali. Hampir tiap hari kita ngebedah RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah), data BPS, Perda Bali, dll. Pokoknya berusaha cari informasi dan program apa yang bisa disiapkan oleh tim. Sampai akhirnya kita menyadari kalau ada tim lain yang juga mengajukan KKN ke Kecamatan Kintamani, yang akhirnya bikin kita harus pindah lokasi karena kalah battle. Tim pun memutuskan untuk pindah lokasi ke Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Karena tim dan lokasi udah fix, kita mulai rapat rutin untuk membahas mulai dari program hingga teknis keberangkatan dan pelaksanaan KKN nanti. Pas lagi asik-asiknya bonding, tiba-tiba ada pandemi COVID-19 yang bikin kuliah dilakukan dari rumah dan nggak boleh ke kampus. Rapat pun dilakukan secara online dan akhirnya ada pengumuman kalau KKN akan dilaksanakan secara daring tanpa penerjunan langsung :))))

Langsung skip aja ke cerita selama KKN yaaa~

Selama rapat pra KKN, rasanya tuh suntuk banget karena ngadepinnya yang laptop mulu tiap hari. Mana ternyata timku ini nggak bisa komunikasi secara dua arah dengan desa lokasi. Sedih deh pokoknya. Oiya, timku ini dibagi jadi 4 subunit, 2 di Desa Lampegan dan 2 di Desa Talun. Aku sendiri masuk ke subunit 2 Desa Lampegan.

Cerita seru KKN dimulai ketika rapat subunit trus salah satu temenku nanya "eh yang di Jogja siapa aja nih, ketemuan yuk" dan ternyata semua anggota subunitku ada di Jogja! Yaudah deh kita langsung janjian buat ketemuan.

Aku bersyukur banget sih karna masuk ke subunit ini yang isinya manusia-manusia pendiem semua wkwk. Jujur, kita tuh diem banget kalo lagi ngumpul tim tapi kalo kumpul subunit doang ramenya bisa sampe bikin aku nangis. Karna mereka, KKN ku jadi nggak hambar hambar banget lah. Sebenernya ada beberapa orang lagi yang ada di Jogja selain anggota subunitku ini, tapi seringnya kita kumpul subunit aja dan nggak ngajakin yang lain. Iya, parah emang. Saking seringnya subunitku ini ketemu, tiap ngumpul unit kita jadi ketawa ketawa sendiri gara gara inside jokes.

Ditengah tengah masa KKN, anggota tim yang ada di Jogja nyempetin buat refreshing ke pantai di Gunungkidul. Pantainya sepiiiii banget, kita disana dari pagi sampe sore pokoknya puas banget.

Hm daritadi ngomongin temen-temen mulu, ngomongin program yuk. Jadi aku sendiri punya 5 program yaitu Analisis Kapasitas Pemerintah Desa, Pengadaan Perpustakaan Mini, Pendataan Struktur dan Kondisi Sosial Ekonomi Desa, Pemetaan Pariwisata, dan Pemetaan Resiko Bencana Ekonomi. Oiya aku mau ngulang lagi ya yang udah aku bilang di awal tadi kalau timku (terutama subunit Desa Lampegan) nggak bisa melakukan komunikasi dua arah dengan pihak Desa yang akhirnya berpengaruh sama data-data yang nggak bisa terpenuhi. Jadi gimana dong? ya seadanya dan dengan berbagai macam penyesuaian. Contohnya nih, program Pengadaan Perpustakaan Mini akhirnya harus diganti dengan Pengiriman Donasi Buku aja, nggak bisa bikin perpus mini :(

Oiya, ada yang nanya waktu itu "gimana caranya dapet tim KKN, apalagi dari DPP?". Jadi, aku itu berasal dari Departemen Politik dan Pemerintahan yang emang katanya sih susah dapet tim KKN karena nggak punya keahlian yang kaya bikin jembatan, ngurusin koperasi desa, pemeriksaan kesehatan, dll yang khas KKN banget. Tapi sebenernya nilai plus dari kita itu di skill negosiasi. Jadi diperluin banget buat jadi tim pengusul dan ketika berhubungan dengan pihak pemerintahan. Selain itu, kalian juga bisa kok bilang kalau punya keahlian diluar bidang jurusan. Misalkan aku di program Pariwisata akhirnya bikin rekomendasi pemasaran karena aku emang baru aja selesai ambil kursus Marketing jadi lumayan ngerti.

Selain ngerjain program kerja, timku juga punya beberapa luaran kaya podcast dan buku. Aku sempet isi salah satu podcast KKN yang ngomonin soal skincare wkwk. Kalo buku ini isinya cerita kita satu tim ketika menjalani KKN daring. Oiya di KKN ini aku juga jadi bisa ngelayout + ngedesain kejar tayang:)) Sungguh melatih kesabaran apalagi kalo tiba tiba not responding kaya foto cover postingan ini :)

Selama masa KKN, aku masih ngeblog & ngonten buat bellabeautydiary. Jujur riweuh banget wkwk. Tiap hari adaa aja yang dikerjain jadi ngerasa sibuk banget. Kalo pas nggak ada deadline KKN, ya ngonten. Tapi bersyukur sih semua bisa jalan semua, kalo KKN nya terjun langsung kan belum tentu masih bisa blogging & ngonten, hihi.

Intinya, KKN online ini ada seneng dan sedihnya. Walaupun nggak bisa haha hihi 24/7 bareng temen-temen tim di pondokan, tapi seneng masih bisa haha hihi bareng temen subunit dan tim yang ada di Jogja meskipun nggak 24/7. Trus jadi bisa ngonten juga dan deal beberapa kerjasama brand. Seneng banget❤

Udah ah, udah panjang nih. Kalo ada yang mau ditanyain tentang KKN let me know yaa boleh komen atau chat dm/line/wa juga gapapaa!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar