#CeritaKampus : Kenalan

By Salsabilla Kiranasafira - April 11, 2019

Berawal dari aku bikin snapgram yang isinya nanya kira-kira aku harus posting apa di blog, trus ditanggepin sama Mbak Vinta. Intinya Mbak Vinta saranin aku buat nulis tentang kuliahku dan suka duka selama kuliah karna dia belum begitu familiar sama jurusanku. Pas aku pikir-pikir, boleh juga bikin konten tentang kuliahku di blog karna sebenernya nggak banyak juga yang ngerti kalau di UGM ada Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) dan apa aja yang dipelajari + gimana dinamika di kampus :p. Ya karena alasan itu, akhirnya lahirlah #CeritaKampus di Bella's blog!


Yak, jadi aku adalah mahasiswi di Departemen Politik dan Pemerintahan (nanti bakal aku singkat jadi DPP yaaa) Universitas Gadjah Mada angkatan 2017. Nah DPP ini kalau di beberapa laman masih disebut Ilmu Pemerintahan. Di daftar jurusan SNM, SBM, UM pun juga namanya Ilmu Pemerintahan (Politik dan Pemerintahan). DPP ini salah satu departemen/jurusan yang ada di Fisipol.

Seperti namanya, di DPP belajarnya seputar Politik dan Pemerintahan. Aspek politik erat kaitannya dengan power atau kekuasaan. Jadi gampangnya gini, kita belajar tentang bagaimana seseorang bisa membuat orang lain melakukan apa yang ia inginkan. Pembahasan tentang power emang luas banget. Bisa dibilang semua yang terjadi di dunia ini ada aspek power-nya. Seenggaknya, itu sih yang ditekankan sama dosen wkwkwk.

Selain tentang power yang abstrak banget, di DPP juga belajar tentang instansi-instansi pemerintahan, bagaimana mengelolanya, gimana teorinya, sampe gimana cara mengembangkan instansi/organisasi tersebut. Selain teori-teori dan analisis masalah, mahasiswa DPP juga dilatih untuk punya skill debat, menulis, kampanye, orasi, dll. Pokoknya apa yang biasa kita lihat dilakuin sama politisi, dipelajari di DPP wkwk.

Setiap aku memperkenalkan diri sebagai anak Politik dan Pemerintahan, pasti tanggapan orang-orang langsung
"wah mau jadi anggota dewan ya?"
"wah presiden nih"
"besok mau jadi PNS?"
"besok jadi lurah tuh"
Awalnya kesel sih, tapi lama-lama malah jadi ngerti ternyata pandangan orang-orang tentang 'politik dan pemerintahan' kaya gitu. Mungkin karna jurusanku ada embel embel pemerintahannya ya, jadi seolah bakal jadi 'abdi negara' semua gitu, hm.

Jadi sebenernya kalo soal 'mau jadi apa', itu balik lagi sih ke orang yang ngejalanin. Menurutku, setiap pekerjaan pasti butuh skill buat ngomong di depan orang, debat&mempertahankan argumen, branding diri, 'mempengaruhi' orang, perencanaan, paham dengan resiko, rasional, dll. Nah semua itu, kalo yang aku rasain ya, 'diajarin' di DPP. Entah secara akademik perkuliahan, entah lewat event dan organisasinya. Trus tinggal di sesuaiin aja sama konteks kamu mau jadi apa.

Mungkin itu dulu ya yang mau aku ceritain di part pertama #CeritaKampus. Part selanjutnya mungkin aku bakal cerita tentang gimana ujian di DPP, karna sekarang lagi minggu UTS. Itung-itung curhat kan:)))

Tunggu #CeritaKampus part-part selanjutnya yaaaa!

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar