[Review] Bersih dengan Micellar Water - Wardah, Ovale, Nivea, Emina

By Salsabilla Kiranasafira - May 05, 2019


Semakin lama, semakin banyak kegiatan dan otomatis waktu luang jadi menyusut. Pernah nggak sih ngerasa malesss banget buat bersihin wajah setelah seharian beraktivitas? Aku sih sering:))) Trus gimana tuh cara nyiasatinnya?

Teknologi makin canggih, dalam dunia-pembersih-wajah, muncul Micellar Water yang sekarang hampir jadi favorit semua orang. Sebenernya micellar water ini pertama kali dibuat karena air bersih yang susah didapetin di Paris. Tapi akhirnya berkembang jadi salah satu andalan buat bersihin muka.

Aku sendiri sebenernya lebih seneng pake micellar water daripada cleansing oil/balm/milk cleanser. Kenapa? Karena ringan aja rasanya kalo pake micellar water. Tapiiii micellar water ini nggak bisa ya dijadiin satu-satunya pembersih wajah. Kamu tetep harus cuci muka setelahnya.Sebenernya ada beberapa orang yang ngerasa nggak perlu cuci muka setelah pake micellar water. Tapi kalo aku, tetep harus cuci muka karna kalo enggak rasanya kaya lengket gitu, mau ditimpa pake skincare juga jadi nggak nyaman.

Ada beberapa micellar water yang udah aku cobain beberapa bulan belakangan ini. Ada Wardah, Nivea, Ovale, dan Emina. Aku bahas satu-satu yaaaa...

Nivea MicellAir Skin Breathe
Ini adalah micellar water pertama yang aku coba. Alesan beli ini karna lucu aja packagingnya kecil trus warna item. Langsung menarik hati untuk beli wkwk.


MicellAir Skin Breathe ini enaaaak banget dipakenya. Buat mata nggak perih sama sekali, bahkan untuk maskara waterproof juga bisa (tapi nggak segampang kalo pake cleansing oil ya). Trus kalo buat bersihin bibir juga nggak meninggalkan rasa pahit. Demen banget pokoknya. Yang aku rasa kurang ya cuma ukurannya wkwk. Tadi aku bilang tertarik beli karna kecil lucu, tapi pas udah make ngerasa kok kecil banget dan gaada versi gedenya jadi itungannya jadi boros kan ya karna beli beli terus.

Klaimnya adalah 0% product residue, yang mana berarti kita tidak perlu membilas muka setelah menggunakan produk ini. Di awal-awal penggunaan, aku memang nggak membilas mukaku menggunakan air lagi setelah selesai menggunakan produk ini. Tapi setelah beberapa waktu, aku merasa lebih nyaman ketika mencuci muka menggunakan facial wash setelah membersihkan muka menggunakan micellair skin breathe ini.


Produk ini mengandung bahan-bahan alami seperti Black Tea, Blackberry dan Blackcurrant yang mempunyai kandungan antioksidan dan dapat melembabkan serta membuat kulit kita 'bernafas'.

(+) Bisa bersihin makeup mata yang waterproof!!! Nilai plus lagi karena nggak perih sama sekali
(+) Buat bersihin lipstick matte juga ok banget (aku pake wardah ya lipcream mattenya). Pas nggak sengaja bibir kejilat juga nggak pahit
(+) Harganya around 30k, termasuk murah kan ya? Kadang nggak nyampe 30 juga sih shay
(+) 0% Alkohol, which is sooo gooooddddd
(+) Ukurannya imut jadi enak dibawa travelling

(-) Cuma ada 1 ukuran, dan kecillll

rate :

Wardah Cleansing Micellar Water
Tergiur beli ini waktu Wardah lagi ada diskon. Karna beberapa makeup ku adalah Wardah, ya aku pikir bakal lebih efektif bersihinnya pake Wardah jugaa.


Buat aku, ini jauh dibawah Nivea. Buat makeup wajah aja nggak terlalu bisa ngangkat dengan sekali atau dua kal swipe. Buat bibir juga pahit. Tapi ibu sama adekku cocok banget pake produk ini. Mereka sampe pengen repurchase lagiii.

Produk ini mengandung ekstrak rumput laut dan timun yang sangat baik untuk menenangkan kulit setelah menggunakan makeup. Selain itu, produk ini mengandung bio cleansing active yang katanya diolah dari minyak zaitu yang dapat membersihkan kulit.


(+) Ada 2 ukuran, kecil dan besar jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mau buat dirumah, ya beli yang gede. Kalo mau buat travelling ya tinggal beli yang kecil
(+) Packagingnya lucu. Akutu gabisa dihadapkan dengan sesuatu yang lucu dikit:(
(+) Dari ingredientsnya, nggak ada kandungan alkohol. Tapi emang gaada klaim alcohol free di kemasannya

(-) Nggak bisa bersihin makeup waterproof
(-) Butuh banyak kapas karena butuh berkali kali swipe:(
(-) Pahit kalo kejilat

rate :


Buat aku, micellar water yang butuh berkali-kali swipe buat bikin kulit bersih itu nggak banget. Kulitu sensitif, jadi kalo ke'gesek' berkali-kali ya bakal merah merah dan kadang perih:(

Ovale Micellar Cleansing Water
Nggak pernah punya rencana buat beli produk ini. Tapi waktu jalan-jalan di mutiara, liat si ovale ini trus liat harganya. Astoge murce, isinya banyak, tergoda lah akuuu. Akhirnya beli dan nyobain. Wow aku jatuh cinta:)))


Isinya ada 200ml, lebih banyak dari micellar water favoritku sebelumnya, Nivea. Harganya 11-12 sama yang Nivea. Jadi harga hampir sama tapi isinya banyak si Ovale ini. Kebetulan pas mulai pake Ovale ini, aku udah jarang pake maskara yang waterproof jadi nggak begitu ngeh gimana hasilnya buat ngilangin makeup waterproof.

Produk ini mengklaim dapat membersihkan wajah, mata, dan lipstik. Aku setuju, tapi bukan yang waterproof yaa. Kalo lipstick matte masih oke, tapi riasan mata yang waterproof ya mendingan pake eye makeup remover yang ada kandungan oil nya aja.

Ovale Micellar Cleansing Water ini mengandung ekstrak magnolia yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Wah bersihin muka sekalian kaya pake skincare ya wkwk. Produk ini juga alcohol dan fragrance free.


(+) Harganya murah, isinya banyak. Sumpah ini penting banget
(+) Bisa ngilangin makeup wajah+bibir dengan sangat baik
(+) Nggak pahit, enakeun
(+) Alcohol Free, Fragrance Free

(-) Packagingnya kurang eye-cathcing jadi kalo belum ngerti ya agak males buat beli
(-) Buat riasan mata waterproof kurang bisa bersih

rate :

Emina Micellar Water Drop Cleanser
Setelah nyoba sunscreen dan sheetmask dari emina, penasaran sama skincare yang lain. Trus ngeliat micellar water ini, jadi pengen nyoba dan akhirnya kebeli deh.


Mungkin karena satu perusahaan sama wardah, kemasannya nggak jauh beda ya dari micellar waternya wardah.Bedanya, si emina ini lebih imut trus lebih lucu aja. Emang sesuai banget sama imagenya yang diperuntukan untuk remaja.

Kandungan dari emina dan wardah juga nggak jauh beda. Cuma ada beberapa yang konsistensinya berbeda. Di wardah satu kandungan berada di list atas dimana artinya jumlahnya cukup banyak, di emina malah berada di list bawah yang berarti jumlahnya lebih sedikit. Performa dari kedua micellar water yang kakak beradik ini juga berbeda, mungkin karena konsistensinya yang berbeda juga ya.


(+) Bersih banget buat bersihin makeup wajah dan lipstik
(+) Kalo kejilat, pahit
(+) Packagingnya lucu, imut, emesh

(-) Cuma ada 1 ukuran dan kecil
(-) Untuk makeup waterproof (maskara) kurang bisa bersih

rate :



Bisa dilihat ya dari foto diatas, mana yang lebih bersih untuk menghapus riasan bibir. Disitu aku pakai Lipcream Wardah yang terkenal tahan lama.

Jadi, kamu lebih suka yang mana? Atau kamu bukan pengguna micellar water?

Terlepas dari itu semua, micellar water memang sangat mudah dijadikan pembersih wajah disaat malam hari ketika sudah lelah dengan beragam aktivitas seharian. Kepraktisannya mampu membuat kita tetap membersihkan wajah walaupun sangat malas.

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah kalo aku ga bisa cuma ngandelin micellar water buat bersihin muka karena aku pake sunscreen di pagi hari jadi harus double cleansing, bahkan kadang sampe triple cleansing. Micellar water favoritku Garnier yang biphase, dia ga bikin kering dan ampuh ngehapus waterproof make-up!

    ReplyDelete