#CeritaKampus : Ujian

By Salsabilla Kiranasafira - April 22, 2019


Halooooo, #CeritaKampus balik lagi dan kali ini aku mau cerita tentang gimana ujian yang ada di DPP/Ilmu Pemerintahan UGM. Jadi beberapa minggu kemarin, aku barusan aja nyelesaiin UTS. Mumpung masih lumayan kerasa vibesnya (enggak sih ya sebenernya), jadi hari ini aku mau cerita tentang U J I A N !

Selama jalanin kuliah sampe sekarang (semester 4), menurutku ujian di DPP itu sebenernya dibagi jadi beberapa bentuk, ada ujian tulis/seat in, ujian takehome, ujian lisan, sama fieldwork. Ujian tulis itu ya ujian biasa, dateng ke kelas, absen, ngerjain soal, kumpulin, pulang dehhh. Ujian takehome itu biasanya ambil soal di kelas pas jadwal ujiannya sekalian absen, trus dikerjain di rumah dan ada deadline pengumpulan. Ujian lisan itu ya kaya wawancara sama dosen gitu wkwk. Dosen nanya apa, kita jawab lisan begituuu. Nah kalo fieldwork ada macem-macem sih outputnya, yang jelas kita disuruh neliti, analisis yang bisa metodenya itu terjun langsung ke lapangan atau analisis data gituu. Aku ceritain pengalamanku satu-satu yaaa

Ujian Tulis/Seat-in
Sebenernya tipe ujian yang ini tuh ya sama aja kaya ujian-ujian pada umumnya. Oooooh tapi biasanya ujian tulis itu bisa open book, bisa juga close book. Kayanya aku ceritain ya open book aja ya? Kalo close book ya sama aja kaya ujian waktu SMA gitu lah. Nah kalo open book ini ceritanya beda lagi wkwk.

Biasanya ujian boleh open book kalo...........jawabannya gaada di buku. WKWKWKWK. Jadi gunanya apa? gaada. Gakdeng, gak gitu. Jadi biasanya kalo openbook itu model soalnya studi kasus yang kita harus mikir lamaaaa, kaitin sama teori gitu dulu baru bisa jawab. Nah biasanya soal-soal ujian tulis open book itu susahnya bikin senyum senyum sendiri pas ujian:)

Trus pernah nih ya ujian open book, udah bawa buku tebel tebel gitu teori isinya, tapi akhirnya juga gatau harus nulis apa karna.....males bacanya, sulit nyarinya:( agak sia sia emang memberatkan tas dan memperpegel pundak. Yang efeknya bikin badan ini segini gini aja, mini mini me.

Ujian Take Home
Naaah ujian ini paling favorit wkwk. Favorit dosen, gatau deh mahasiswanya pada seneng apa kagak wkwk. Sebenernya rasanya campur aduk sih kalo ada matkul yang ujiannya takehome. Seneng karna nggak harus ngerjain di kampus, bisa pulang kampung buat yg ngerantau, gaperlu belajar sehari sebelumnya, nggak perlu nulis pake tangan (yangmana membuat tanganku 'terluka', bentol gede item gitu di jari manis. hiks). Tapi sedih juga karna (tetep) harus baca literatur yang sesuai buat jadiin referensi, karna tanpa referensi, ya paper kita 0 besar :( Trus kadang ujian takehome itu gacuma 1 matkul, trus deadlinenya mepet mepet. Bingung ga lo:( 

Ujian Lisan
Ujian ter-dihindari-banget oleh mahasiswa:) Ya gimana nggak dihindari, ujian lisan tuh bener-bener untung untungan. Kalo ternyata dosen pengen nanya kamu a, sedangkan kamu dah baca b-z tapi gabaca a, yaudah wasalam. Jadi bener-bener masuk ruang ujian tu gatau apa yang mau kita jawab, heu. Aku pernah sekelompok sama Reza, trus grogi parah karna ya bayangin aja ujian lisan bareng sama pacar ndiri, kalo gabisa jawab malunya gimana tu bisa bayangin ga?:( Trus dapet soal yang aku ga yakin sama sekali sama jawabannya. Asal aja jawab apa yg ada di kepala. Sampe sekarang gatau sebenernya jawabanku bener apa enggak:) Kenapa gitu, karna ya abis kita jawab reaksi dosennya tuh bukan yang "yak bener" atau "salah", tapi "yakin?" "itu jawabannya udah yakin?" gitu. NGESELIN YA:(

Fieldwork
Nah jenis ujian kayagini tuh sebenernya ya nyenengin, tapi juga sedikit bikin ribet. Tapi biasanya kalo fieldwork itu pengerjaannya kelompok. Udah beberapakali aku ujian dengan fieldwork. Yang paling banyak cerita ya sudah jelas pasti adalahhhh Pemerintahan Komunitas. Jadi di matakuliah ini, kita harus fieldwork di salah satu desa di Bantul selama 1 minggu. Kita dibagi di beberapa dukuh dan kita tinggal di rumah-rumah warga. Trus selama seminggu, kita disuruh ngamatin objek penelitian kita trus di akhir nanti bakalan presentasi didepan dosen, temen-temen + warga desanya. Agak PR emang harus presentasi didepan warga, takut salah ngomong kan ya. Wkwkwk.

OIYA ADA SATU LAGI!!!!

Kolokium
Jadi ini bisa dibilang mini seminar gituu. Biasanya diawali fieldwork trus hasilnya kita jelasin di Kolokium, beserta tetekbengek lainnya (misalnya saran untuk memperbaiki dll). Ini nih yang sangat sangat menguras tenaga karena ya capek aja gitu nyiapin kolokium. Sebenernya aku baru sekali sih kolokium karna beberapa matakuliah gajadi kolokium, bahkan ujiannya bener bener dipermudah karna dosennya sibuk. Alhamdulillah rejeki mahasiswi sabar. 

Jadi kolokium waktu itu, persiapannya dirumahku sampe maleeeeem banget. Padahal paginya harus ke kampus pagiii banget trus harus siap-siap presentasi dan ditodong banyak pertanyaan sama dosen wkwk. Mana kolokium itu bener bener makan waktu. Kalo gasalah waktu itu dari pagi sampe buka puasa, iya itu pas puasa. Serem ga tu.

Jadi, mana tipe ujian favoritku?
Gaada. Beneran deh, gaada yang favorit. Tapi lebih mending takehome atau ujian tulis sih. Seenggaknya gak seribet tipe ujian yang lain wkwk. Tapi kesel juga kalo ternyata semua mata kuliah di semester itu ujiannya dengan tipe yang sama semuanya. Lelah mbak, mas, pak, buk:(

Selama ini, paling sering ujian takehome sama fieldwork sih. Jadi kalo minggu-minggu ujian, Bella pasti selo dan siap diajak nongkrong/ngafe untuk ngerjain ujian! :)))))

Segitu dulu yaa #CeritaKampus kali iniii, tunggu episode yang selanjutnya, WKWK:p

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ujian favorit tentu saja yang take home mbak, kan banyakan praktikumnya jadi mending praktikum di rumah aja :D

    ReplyDelete