Basic Skincare : Rahasia Kulit Tanpa Masalah

By Salsabilla Kiranasafira - April 09, 2020

Siapa disini yang kalo skincarean pake banyak produk, pake produk high end pula, tapi ngerasa kok muka enggak kunjung membaik? Kalian udah yakin belum sama basic skincare? Atau belum tau sebenernya basic skincare itu apa? Jadi gini....

Basic skincare itu terdiri dari empat steps yang sering disebut dengan CTMP. Cleansing, Toning, Moisturizing, dan Protect. Kenapa CTMP itu penting? Karena step CTMP itu fondasi dari step-step skincare selanjutnya. Walaupun aku sering coba skincare baru, tapi aku tetep punya basic skincare andalan. Basic skincareku bisa dibilang udah 'settle'. Produk-produk basic skincareku nggak neko-neko, fungsinya cuma melembabkan aja. Karena menurutku kulit yang terhidrasi dengan baik itu kunci dari segalanya.


Ini dia basic skincareku. Ada soothing cleanser wash, soothing skin toner, hydrating moisturizer cream, dan protection day cream. Empat produk ini udah jadi kecintaan aku karena bikin kulitku jadi lembab dan kenyal. Dulu kulitku itu kering banget, tapi semenjak aku nemuin basic skincare yang tepat, akhirnya kulitku sudah mulai normal!

Oiya, untuk menemukan basic skincare yang tepat kalian harus ngerti dulu kondisi kulit kalian. Kenapa? Karena akan berpengaruh ke produk jenis apa yang akan kalian pakai. Jadi step pertama untuk menentukan basic skincare adalah kenali dulu jenis kulit kalian.

Elsheskin Soothing Cleanser Wash

Ini adalah cleanser yang aku pakai. Dari berbagai jenis cleanser yang dimiliki elsheskin, kenapa aku pilih yang soothing? Karena kulitku sensitif. Gampang merah dan iritasi. Jadi aku cari aman dengan pakai produk yang memang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Kalian bisa baca review lengkap produk ini di postingan Review Elsheskin Soothing Cleanser Wash.

Elsheskin Soothing Toner

Toner penting banget dipake setiap hari setelah cuci muka. Karena toner ini fungsinya untuk mengembalika pH kulit setelah cuci muka dengan produk yang biasanya nggak sesuai dengan pH kulit kita. Selain itu, toner juga berfungsi untuk membersihkan sisa kotoran di muka sekaligus bisa melembabkan kulit.

Aku menggunakan toner khusus untuk kulit sensitif. Sama seperti ketika memilih face wash, aku juga memilih yang aman untuk kulit sensitif. Untuk pengaplikasiannya aku menggunakan kapas lalu ditap tap ke wajah. Bukan digosok ya, nanti malah iritasi.

Elsheskin Hydrating Moisturizer Cream

Step selanjutnya setelah cleansing dan toning adalah moisturizing, atau menggunakan pelembab. Pelembab kecintaanku adalah si Elsheskin Hydrating Moisturizer ini. Sumpah cinta banget aku sama produk ini, sanpe repurchase terus berkali kali. Kalian bisa baca reviewnya di Review Elsheskin Hydrating Moisturizer Cream.

Pelembab tuh penting banget ya, gais. Biar kulit kita nggak kering dan juga nggak over berminyak. Kok bisa? Jadi kalo kulit kita jenisnya kering dan nggak dikasih pelembab, ya bakal makin kering. Tapi kalo kulit kita berminyak dan nggak dipakein pelembab, maka kulit bakal memproduksi minyak yang lebih banyak lagi karena ngerasa kurang lembab. Jadi jangan skip pake pelembab yaaa!

Elsheskin Day Protection

Step terakhir dalam basic skincare adalah protect! Ini nih yang nggak kalah penting buat kulit kita. Pake sunscreen itu penting banget karena bakal ngelindungin kulit kita dari UV A dan UV B. Kalo kita nggak pake sunscreen, bisa bisa muncul flek hitam dan tanda penuaan dini lainnya. Serem banget kan?

Nah seperti step sebelum-sebelumnya, buat milih sunscreen juga harus disesuaiin sama jenis dan kondisi kulit kita. Kalian bisa cek postingan ini buat memperkirakan kira-kira sunscreen mana yang cocok untuk kalian.

Setelah kalian udah yakin sama basic skincare kalian, kalian bisa mulai coba skincare skincare lain kaya essence, serum, ampoule, dan lain lain. Trus ketika kalian nggak cocok sama produknya, dan jadi breakout, kalian balik ke basic skincare kalian buat kembaliin kulit kalian ke kondisi semula.

Kalian juga bisa nyoba produk-produk basic skincareku, kembaran sama aku, kalau memang jenis dan kondisi kulit kita sama. Produk-produk tadi bisa kalian beli di official storenya elsheskin di shopee (https://shopee.co.id/elsheskin_) atau lewat sociolla juga ada. Kalo mau dapet diskon 10% kalian bisa belanja lewat official WA dan Line elsheskin (cek instagram @elsheskin) dan menggunakan kode "SQUADBELLA".

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar