#FriendlyReminder : Coba Zoom Out!

By Salsabilla Kiranasafira - February 06, 2019

Pernah nggak sih kalian ngerasa pencapaian kalian jadi menurun? Entah dibidang apapun. Bisa pendidikan, hobi, passion, kerjaan, semua deh. Trus biasanya kalian ngelakuin apa sih?

Kadang kita tu terlalu fokus pada satu sisi, lupa sama sisi yang lain. Pokoknya yang diperhatiin ya cuma itu, kalo itu tiba tiba bermasalah, jadi sedih sendiri. Pernah nggak sih nyoba buat memperbesar frame, memperbesar perspektif. Liat diri sendiri dan sekitar. Liat sisi yang lain, bukan sisi yang akhirnya bikin kamu merasa 'menurun'. Apasih yang terjadi di sisi yang lain? Ada nggak sih pencapaian yang perlu diapresiasi? Kesempatan apa sih yang udah kamu dapet?


Kadang kita lupa buat ngelihat sesuatu secara utuh. Kadang kita lupa untuk zoom out pandangan kita. Cuma karna satu hal yang bikin sedih, jadi lupa untuk menghargai hal yang lain. Biasanya kalo udah sedih, jadi susah buat bersyukur. Padahal kalo mau memperluas pandangan, ada banyak banget hal yang bisa bikin bersyukur. Bersyukur sama semua hal yang udah kita dapet. 

Misal nih, kamu ngelamar kerja di perusahaan A sama perusahaan B. Perusahaan A jauh lebih bagus, interview pake bahasa inggris, semua dituntut kerja cerdas.Sedangkan perusahaan B, interview pake bahasa indonesia, dan karyawannya biasa biasa aja. Kamu udah usaha maksimal buat bisa keterima di perusahaan A. Udah les bahasa, belajar tanggung jawab, belajar cara menghadapi client dll. Tapi ternyata keterima di perusahaan B. Pasti awalnya sedih dong? Udah berekspektasi bakalan keterima di perusahaan A karna udah maksimal usahanya, eh malah keterimanya di perusahaan B. Trus ngerasa insecure karna nggak keterima. Trus ngerasa usahanya sia sia. Padahal sadar nggak sih, kalo kamu usahanya cuma buat perusahaan B, kamu nggak akan les bahasa dan akhirnya bisa bahasa inggris dengan baik, nggak bisa ngerti gimana cara kerja cerdas, dll. Tapi kamu cuma fokus sama satu hal, kegagalan.

Nggak semua hal yang kita anggap baik, ternyata baik buat kita. Nggak semua hal buruk yang terjadi ke kita, cuma jadi masalah yang ga ada manfaatnya. Bisa aja kan jalan yang disiapin emang gitu, biar kita makin kuat, biar dapet banyak pengalaman, biar makin ngerti suatu hal.
Terakhir, nggak ada alasan buat nggak bersyukur. Kalo lagi susah buat bersyukur karna ngerasa sedih sama satu hal, coba zoom out. Liat apa ajasih yang udah kamu dapet, habis itu jangan lupa bersyukur!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar